Gatot saat sosialisasi Rawan Bencana Desa Tangguh (Foto: Sony Haryono/ SitubondoTIMES)

Gatot saat sosialisasi Rawan Bencana Desa Tangguh (Foto: Sony Haryono/ SitubondoTIMES)



Sosialisasi Rawan Bencana Desa Tangguh, di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo dihadiri Tim Pusdalop, Kabid Pencegahan dan kesiapsiagaan, Gatot Trikorawan serta sebagian warga dan tokoh masyarakat, Senin (8/7/2019).

"Upaya penanganan bencana pada saat ini mengalami perubahan paradigma maupun tindakan, yaitu dengan menitikberatkan pada partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana. Jadi masyarakat bukan hanya sekedar menjadi korban atau objek dari bencana namun juga sebagai pelaku dari penanggulangan bencana tersebut," terang Gatot, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo di hadapan peserta sosialisasi itu.

Metode yang tepat dalam penanganan bencana, lanjut Gatot, sekarang ini adalah Kesiapsiagaan Bencana berbasis masyarakat. Program berbasis masyarakat yang mendorong pemberdayaan kapasitas masyarakat untuk menyiagakan diri dalam mencegah serta mengurangi dampak dan resiko bencana yang terjadi di lingkungannya masing-masing.

Gatot mengatakan, dengan adanya sosialisasi ini pihaknya berharap masyarakat dapat memahami potensi bencana yang ada di sekitar. "Dengan memahami potensi bencana mereka akan paham, kapan dan bagaimana mengatasinya", ucap Gatot.

Tidak hanya itu saja yang dikatakan Gatot, dia juga menjelaskan kalau masyarakat tidak tahu dan tidak paham dengan potensi bencana di wilayahnya tentu masyarakat akan kesulitan mengambil langkah- langkah apa yang harus dilakukan dalam persoalan bencana. 

"Dengan adanya sosialisasi ini nantinya masyarakat akan tahu kemana harus mengevakuasi diri mencari tempat yang lebih aman serta bagaimana mempersiapkan dapur umum dan lain sebagainya," pungkas Gatot.


End of content

No more pages to load