Bupati Dadang saat menyerahkan sertifikat keahlian kepada salah seorang peserta pelatihan Tour Guide and Chef. (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)

Bupati Dadang saat menyerahkan sertifikat keahlian kepada salah seorang peserta pelatihan Tour Guide and Chef. (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)



Tuntas sudah puluhan peserta asal Situbondo mengikuti pelatihan selama 20 hari di Balai Pelatihan Kerja UPT Singosari, Malang. Sebagai apresiasi, peserta pelatihan pemandu wisata (tour guide) dan beverage and food (chef) itu menerima sertifikat dari Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH,  Rabu (02/10/2018).

Penyerahan sertifikat sekaligus penutupan pelatihan yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Situbondo tersebut berlangsung di pendapa kabupaten Situbondo. Acara ini dihadiri sekdakab Situbondo,  kepala OPD Pemkab Situbondo, ketua dan wakil ketua TP PKK serta tamu undangan lainnya.

"Dengan diraihnya sertifikat keterampilan peserta pelatihan pemandu wisata dan chef, saya merasa bangga dan saya kira juga kebanggaan masyarakat Situbondo. Mudah-mudahan manfaat dari pelatihan keterampilan yang telah diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi (BNSP) bisa diaplikasi para peserta penerima sertifikasi dalam menghadapi tahun kunjungan wisata 2019 di Kabupaten Situbondo," ujar Bupati Dadang dibhadapan sejumlah wartawan.

Situbondo, kata bupati, saat ini sedang melakukan penataan tumbuh kembang perekonomiab melalui bidang pariwisata. Nah, tumbung kembangnya perekonomian pariwisata itu, bukan hanya tanggung jawab Dinas Pariwisata saja, namun tanggung jawab bersama dinas yang satu dengan dinas yang lainnya serta didukung oleh elemen masyarakat. "Jika ada orang yang mengatakan pariwisata, hanya tanggung jawab Dinas Pariwisata, itu salah. Apa lagi tanggung jawabnya bupati. Pertumbuhan ekonomi dalam bidang pariwisata merupakan tanggungbjawab kita bersama," ucapnya.

Kepala daerah, imbuh Bupati Dadang, mempunyai gagasan yang dituangkan di dalam RPJMD yang seriap tahun ada tema-tema tentang pariwisata yang sudah dipersiapkan. "Kalau kemudian ada orang yang mengatakan bidang pariwisata tanggung jawab bupati, itu salah. Soalnya, tidak mungkin seorang kepala daerah atau pimpinan OPD dalam hal ini adalah Dinas Pariwisata mampu untuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pariwisata, karena pariwisata itu kompleks," ujarnya. 

Oleh karena itu,  kata Bupati Dadang,  mengapresiasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Situbondo yang telah melaksanakan pelatihan Tour Guide dan Chef dan kepada para peserta yang telah mendapat sertifikat mau mengabdi untuk kemajuan Kabupaten Situbondo. "Jika para peserta pasca pelatihan ini kemudian mencari pekerjaan semuanya di luar Kabupaten Situbondo, maka yang akan beruntung kabupaten lain. Oleh karena itu saya berharap para peserta yang sudah mempunyai ketrampilan bersertifikat mau ikut membangun Situbondo bersama-sama," pungkasnya. (*)


End of content

No more pages to load