Sebagian kayu curian yang berhasil diamankan polisi dan Perhutani Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Sebagian kayu curian yang berhasil diamankan polisi dan Perhutani Lumajang (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)



Sekitar pukul 12.00 hari ini, Senin (15/1) Perhutani Lumajang bersama jajaran Polsek Pasirian berhasil mengungkap barang bukti pencurian kayu di wilayah Perhutani. Sebanyak 20 gelondong kayu jati berhasil diamankan dari tempat penyimpanan kayu curian tersebut.

Sementara pelaku yang diduga melakukan pencurian tak berhasil ditangkap polisi, karena pada saat penggerebekan berlangsung, yang bersangkutan sudah lebih dulu kabur karena mencium akan ada pengerebekan dari pihak kepolisian.

Waka ADM Perhutani Lumajang Muchlisin S.Hut kepada Lumajangtimes mengatakan, kayu jati yang berhasil dicuri ukurannya cukup besar yakni antara diameter 35 sampai 30 CM. Kayu kayu tersebut dipotong-potong sepanjang 210 CM.

“Penggerebekan ini bermula dari hilangnya tegakan kami di Petak 20-BRPH Pasirian tepatnya di desa Bago kecamatan Pasirian. Setelah kita selidiki ternyata kayu-kayu tersebut ada di Desa Bago Pasirian dibelakang rumah seorang warga,” kata Muchlisin S.Hut.

Muchlisin juga mengatakan, kayu curian ini ditempatkan dibelakang rumah salah satu kerabat dari pelaku di desa Bago Kecamatan Pasirian. Namun berkas kejelian polisi dan Polhut, akhirna tempat penyimpanan kayu curian tersebut berhasil ditemukan.

“Pelaku memang tidak berhasil kita tangkap, namun karena identitas sudah diketahui, maka polisi berjanji akan segera menuntaskan kasus ini,” kata Muchlisin lagi.

Akibat kehilangan tegakan ini, Perhutani menderita kerugian sekitar Rp. 20 juta. Untuk sementara barang bukti berupa gelondongan kayu tersebut dititipkan di Tempat Penimbunan Kayu (TPK) Perhutani di Pasirian dan sebagian ditempatkan di Polsek Pasirian sebagai barang bukti.

Bagi Perhutani, pengungkapan kasus illegal loging ini adalah yang pertama yang berhasil diungkap untuk tahun 2018.

“Pak Kapolres juga berjanji menuntaskan kasus ini, dan saya juga berharap kejadian ini tidak terulang lagi. Untuk sementara polisi memperkirakan pelaku sudah cukup sering melakukan pencurian kayu hutan ditahun-tahun sebelumnya,” jelas Muchlisin kemudian.

Tag's Berita berita lumajang

End of content

No more pages to load