Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Situbondo Temukan Bekas Cacing Hati dan Paru di Hewan Kurban

drh M. Zaki Mubarak saat periksa hati sapi yang terkena penyakit cacing (Foto Sony Haryono Situbondo/TIMES)
drh M. Zaki Mubarak saat periksa hati sapi yang terkena penyakit cacing (Foto Sony Haryono Situbondo/TIMES)

SITUBONDOTIMES – Untuk memantau kegiatan penyembelihan hewan kurban yang sehat, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo menerjukan dokter hewan dan petugas kesehatan hewan yang ada di kecamatan-kecamatan se Kabupaten Situbondo, Minggu (11/8/2019).

Keterangan yang disampaikan Ir. Sulistiyani MSi, Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo mengatakan, dari sisi fisik hewan kurban yang disembelih di Kabupaten Situbondo rata-rata sehat. 

“Jumlah hewan kurban yang dipotong hari ini, di Kabupaten Situbondo sebanyak 1377 ekor. Dengan rincian sapi sebanyak 280 ekor, domba 803 ekor, kambing 294 ekor,” ujar Ir. Sulistiyani. 

Lebih lanjut, Sulistiyani menjelaskan dari jumlah hewan kurban diatas ditemukan hati sapi yang rusak sebanyak 8 ekor, paru 4 ekor sapi, domba dan kambing hati yang rusak 3 ekor.

“Hati dan paru hewan kurban yang rusak akibat penyakit cacing tersebut langsung di buang. Namun demikian, penyembelihan hewan kurban dinyatakan sehat dan tak ada penyakit antrak,” jelasnya.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Ir. Sulistiyani MSi, Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo. Akan tetapi, dia juga mengatakan bahwa, tata cara penyembilihan hewan kurban saat ini sudah cukup baik. 

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada pemerintah tempat daging kurban sudah tidak menggunakan plastik lagi, namun sudah menggunakan besek,” pungkasnya. 

Pewarta : Sony Haryono
Editor : Heryanto
Publisher :
Sumber : Situbondo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]situbondotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]situbondotimes.com | marketing[at]situbondotimes.com
Top