Tim Gabungan Temukan 20 HP Siswa Berisi Video dan Gambar Tak Senonoh

Tim gabungan saat meriksa HP siswa-siswi. (Foto Heru Hartanto/Situbondo TIMES)
Tim gabungan saat meriksa HP siswa-siswi. (Foto Heru Hartanto/Situbondo TIMES)

SITUBONDOTIMES – Tim gabungan Polres Situbondo yang terdiri dari satsabhara, satreskrim, kominfo dan persandian, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo menggelar razia handphone (HP) ke SMA serta SMK, Rabu (8/8/2019).

Razia HP yang dipimpin Kasat Sahbara Polres Situbondo AKP M. Hasanuddin SH berhasil menemukan 20 HP milik siswa yang berisi video dan gambar tak senonoh. "Kami temukan 20 HP yang berisi video dan gambar tak senonoh. Dari 20 HP, 17 HP diserahkan ke pihak sekolah," jelas dia.

Lebih lanjut, kasat sabhara mengatakan, razia HP ke sekolah-sekolah ini dilakukan agar para siswa yang menggunakan kecanggihan teknologi HP dan tidak sembarangan menggunakannya. "Razia HP ke sekolah-sekolah ini, terbagi dalam 5 Tim. Masing masing tim bertugas memeriksa HP siswa," tuturnya.

Lima tim tersebut berhasil menemukan 20 HP yang berisi gambar dan video tak senonoh. "Dengan razia ini, saya berharap tidak ada lagi siswa dan siswi yang HP-nya berisi video maupun gambar tak senonoh. Razia ini untuk memberi efek jera kepada mereka," ucapnya.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Situbondo Iptu H Nanang Priambodo SSos mengatakan, saat memeriksa HP siswa, di file history hasil browsing ditemukan video dan gambar bokep. Gambar dan video porno atau tak senonoh serta history yang bertulisan bagaimana cara menggugurkan kandungan.

Dia juga menegaskan, jika para siswa senang men-download video dan gambar tak senonoh, maka mereka sebagai generasi muda menerus bangsa pikirannya akan terkontaminasi dengan hal-hal negatif. "Kami berharap kepada bapak ibu guru dapat memberikan bimbingan dengan baik kepada siswa-siswi, khususnya siswa yang handphone terisi dengan video dan gambar tak senonoh, " tuturnya.

Di lain pihak, Nunung Pujiastuti -kepala sekolah SMAN 1 Panarukan- mengatakan, pihaknya akan memberikan bimbingan kepada 20 siswa yang menyimpan video dan gambar tak senonoh. "Dari 500 siswa, ada 20 siswa yang handphone berisi gambar dan video tak senonoh," ujarnya.

Nunung mengatakan, pihak sekolah akan menindaklanjuti razia tim gabungan ini dan akan melakukan pemeriksaan dan pembinaan terhadap siswa yang membawa HP. "Dalam pembinaan kita juga akan meminta dukungan orang tua murid dan pihak sekolah sendiri agar tak terjadi hal serupa, " ujarnya.

Pewarta : Heru Hartanto
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Situbondo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]situbondotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]situbondotimes.com | marketing[at]situbondotimes.com
Top