Edukasi Pelajar Situbondo, KPK Sebut Korupsi Sengsarakan Masyarakat

Foto bersama penasihat KPK, bupati, wabup, kadispendikbud dan para pelajar. (Foto Sony Haryono/Situbondo TIMES)
Foto bersama penasihat KPK, bupati, wabup, kadispendikbud dan para pelajar. (Foto Sony Haryono/Situbondo TIMES)

SITUBONDOTIMES – Roadshow Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Anti-Korupsi mampir di pendopo Kabupaten Situbondo Jl Kartini No 1. Kegiatan ini disaksikan Forkopimda Situbondo, pejabat pemkab Situbondo, camat se-Kabupaten Situbondo, kades se-Kabupaten Situbondo, pelajar dan tamu undangan lainnya, Jumat.(19/7/2019).

Kedatangan tim KPK ke Situbondo ini untuk memberikan edukasi anti-korupsi kepada siswa SMA/SMK/MA. “Akar  kejahatan dimulai dari tindakan korupsi yang membuat masyarakat sengsara. Kakak menyarankan sejak usia dini, adik-adik harus selalu berkata jujur karena berbuat  jujur itu hebat,” ungkap Penasihat KPK Budi Santoso di hadapan siswa-siswi.

Tindakan korupsi, sambung Budi, jangan sampai terjadi pada siswa SMA pada masa yang akan datang. "Sikap disiplin, jujur, sederhana dan tidak bermewah-mewahan merupakan bagian dari integritas adik-adik di masa mendatang," ucapnya.

Adapun salah satu tujuan rombongan KPK di Kabupaten Situbondo ini paling penting bisa bertemu langsung dengan masyarakat dan kalangan pelajar. “Kesempatan untuk bertemu dengan pelajar dan masyarakat secara langsung baru terjadi di Kabupaten Situbondo. Karena rombongan KPK semenjak dari Ngawi, Madiun, Nganjuk, Jombang Mojokerto, Surabaya dan Probolinggo, baru sekarang di Situbondo bisa bertatap muka langsung dengan pelajar dan masyarakat,” kata Budi.

Dia juga meminta agar para pelajar naik bus KPK yang di dalamnya berisi berbagai peralatan edukasi antikorupsi. “Adik-adik bisa masuk ke dalam bus KPK. Di dalam bus KPK itu, banyak sekali komputer untuk belajar apa saja mengenai antikorupsi. Dari soal pencegahan korupsi hingga penindakan pelaku korupsi,” ungkapnya.

Sekali lagi Budi menegaskan, korupsi itu membuat masyarakat sengsara. “Oleh karena itu, saya meminta kepada adik-adik pelajar yang ada di sini, saat sudah bekerja tidak melakukan tindakan korupsi. Soalnya, korupsi telah menyengsarakan orang banyak,” imbau dia.

Usai menerangkan panjang lebar tentang tindakan korupsi di hadapan pelajar, selanjutnya Budi melontarkan kuis kepada pelajar. Soal di antaranya kuis menebak nama ketua KPK dan membacakan teks Pancasila. Pelajar yang tepat menjawab pertanyaan Budi berhak mendapat bingkisan atau hadiah tas KPK.

Sementara itu, Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto mengatakan, dengan adanya media edukatif yang disampaikan KPK ini, maka akan bisa memberikan solusi tentang antikorupsi serta membangun generasi mendatang yang penuh integritas dan anti-korupsi.

Selain itu, Bupati Dadang berharap para pelajar yang telah mendapatkan edukasi antikorupsi yang disampaikan penaskhat KPK agar dapat mengaplikasikan atau menularkan ke siswa lainnya. Apalagi, pada pendidikan terendah, masyarakat umun sampai internal Pemerintah Kabupaten Situbondo telah melakukan upaya pemberantasan korupsi. 

"Partisipasi masyarakat memang kami harapkan, terutama kejujuran yang dimulai di bangku sekolah paling bawah. Sehingga nantinya mereka bisa menjadi generasi-generasi yang hebat dan kuat,” ujar Bupati Dadang.

Pewarta : Sony Haryono
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Situbondo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]situbondotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]situbondotimes.com | marketing[at]situbondotimes.com
Top