Road Show Bus KPK, Ajak Masyarakat Cegah Korupsi

Penasehat KPK Budi Santoso tengah (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)
Penasehat KPK Budi Santoso tengah (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)

SITUBONDOTIMES – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengampanyekan antikorupsi. Salah satunya melalui program Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi’. “Kegiatan Roadshow Bus KPK ini akan menyambangi 28 kota dan kabupaten di Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Bali. Adapun tujuan Bus KPK singgah di Kabupaten Situbondo untuk mengajak seluruh komponen masyarakat, eksekutif, legislatif, LSM, Wartawan dan komponen lainnya, agar berperan aktif dalam upaya pencegahan korupsi dan pendidikan antikorupsi,” jelas Penasehat KPK Budi Santoso dalam konferensi pers yang berlangsung di Ruang Baluran Lantai II Pemkab Situbondo, Kamis (18/7/2019).

Lebih lanjut, Budi Santoso mengatakan, kehadirannya ke Kabupaten Situbondo akan berinteraksi langsung dengan masyarakat melalui berbagai program pencegahan korupsi. Baik untuk pelajar, mahasiswa, calon anggota legislatif, lembaga eksekutif, hingga masyarakat umum. “Ada 5 tugas fungsi dan wewenangn KPK, satu di antaranya adalah membangun semangat dan budaya antikorupsi di masyarakat, sekaligus mensosialisasikan program-program antikorupsi KPK kepada publik,” jelas Budi.

Di tengah-tengah masyarakat, KPK identik dengan penindakan. Padahal sambung Budi, KPK juga punya program yang tidak kalah pentingnya dengan penindakan, yakni program pencegahan. “Program pencegahan tindak korupsi yang dimiliki KPK sangat beragam pilihan kegiatannya. Salah satunya sosialisasi pencegahan anti korupsi ke seluruh pelajar dari tingkat PAUD hingga SLTA. Hal ini dilaksanakan untuk mempererat keterlibatan pelajar maupun masyarakat secara aktif, sehingga merasakan kehadiran KPK secara langsung,” jelas Budi.

Pada tahun 2019, imbuh Budi, bus roadshaw KPK akan menyambangi 28 kota dan kabupaten di Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Bali. Kabupaten Situbondo merupakan kabupaten yang ke 8 yang disambangi kegiatan tim KPK. “Kabupaten Situbondo merupakan kabupaten ke 8 yang d singgahi oleh Bus KPK, setelah Ngawi, Madiun, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Surabaya, Probolinggo dan sekarang di Kabupaten Situbondo,” tutur Budi.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Budi Santoso, namun dia juga menjelaskan tentang kepatuhan pelaporan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Pemerintah Kabupaten Situbondo mencapai 100 persen. “Pada Tahun 2018 wajib lapornya ada 65 pejabat dan yang sudah melaporkan 65 pejabat, jadi tingkat kepatuhan dalam LHKPN mencapai 100 persen,” beber Budi Santoso Penasehat KPK. 

Pewarta : Heru Hartanto
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Situbondo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]situbondotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]situbondotimes.com | marketing[at]situbondotimes.com
Top