Nabung 25 Tahun, Tukang Becak di Situbondo Naik Haji

Tohari bersama becaknya (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)
Tohari bersama becaknya (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)

SITUBONDOTIMES – Setelah menabung bersama istrinya selama 25 tahun, Tohawi (58) dan istrinya Sehrawati (52) warga Dusun Banyuputih, Desa Banyuputih, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, akhirnya bisa berangkat ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji, Selasa (9/7/2019).

Tohawi yang sehari-hari bekerja sebagai tukang becak yang tinggal di rumah berukuran 10x6 meter, berdinding papan kayu serta anyaman bambu tersebut, hajatnya untuk menuaikan ibadah haji bersama istrinya terkabul. 

“Sebagai tukang becak yang penghasilannya tidak menentu, saya tidak pernah patah semangat untuk menabung walaupun sedikit. Dari hasil narik becak kalau ada keuntungan lebih ditabung. Selain untuk makan, penghasilan juga untuk biaya kuliah anak saya yang kedua dan yang pertama sudah tidak sekolah,” ujar Tohawi.

Selain jadi tukang becak , Tohawi juga menjadi buruh tani untuk menambah penghasilan supaya bisa menabung. 

"Sisa dari pengeluaran sehari- hari, saya tabung untuk daftar haji. Pada tahun 2010 saya setor uang Rp. 50 juta ke bank untuk menunaikan ibadah haji dan sisanya saya angangsur. Alhamdulillah selama 25 tahun saya menabung, Insya Allah musim haji tahun 2019 ini, saya bersama istri berangkat ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji," jelas Tohawi.

Walapun menjelang berangkat naik haji, Tohari setiap harinya masih aktif bekerja sebagai tukang becak. Hal ini dia lakukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. 

“Walaupun sudah dekat dengan keberangkatan naik haji, saya masih bekerja sebagai mana biasanya,” tutur Tohawi.

Tak hanya itu yang disampaikan Tohawi kepada media ini, namun dia juga menghimbau kepada masyarakat sekitar agar bisa berangkat haji yang dimulai dari niat yang tulus dan kerja keras. 

“Semoga keberangkatan saya ke tanah suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji bisa menjadi inspirasi masyarakat. Dan mensyukuri rezeki sekecil apapun sehingga bisa berkah dan bermanfaat dalam hidup ini," pungkas Tohawi.

Pewarta : Heru Hartanto
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Situbondo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]situbondotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]situbondotimes.com | marketing[at]situbondotimes.com
Top