Gelar Bimtek Khusus, Kabupaten Situbondo Menyiapkan Diri Menuju Kabupaten Pintar

Foto bersama Bupati Situbondo, Rektor Perguruan Tinggi, Kepolisian dengan perwakilan atau staf Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan pada Kementerian Kominfo RI (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)
Foto bersama Bupati Situbondo, Rektor Perguruan Tinggi, Kepolisian dengan perwakilan atau staf Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan pada Kementerian Kominfo RI (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)

SITUBONDOTIMES – Dinas Informasi, Komunikasi dan Persandian Kabupaten Situbondo bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengelar bimbingan teknik (Bintek) implementasi Gerakan Menuju 100 Smart City, Selasa (9/7/2019).

Bintek yang berlangsung dilantai II Pemkab Situbondo tersebut, terlaksana selama 2 hari sejak kemarin hingga hari ini, dan diikuti kurang lebih 150 peserta yang terdiri dari para dosen perguruan tinggi, Dewan Riset Daerah Situbondo, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan sejumlah kalangan yang mahir tentang perkembangan Informasi Teknologi.

“Pemerintah Kabupaten Situbondo sebagai salah satu kabupaten yang terpilih mengikuti bintek implementasi Gerakan Menuju 100 Smart City dari Kementrian Informasi Teknologi RI, karena telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan publik. Kabupaten Situbondo merupakan salah satu dari 100 kabupaten/kota di Indonesia yang ikut Gerakan Smart City 2019 Kementerian Kominfo,” terang Kepala Dinas Informasi, Komunikasi dan Persandian Kabupaten Situbondo Dadang Aries Bintoro, S.Sos, M.Si dalam sambutannya.

Kabupaten Situbondo, sambung Kadis Kominfo dan Persandian, terpilih sebagai daerah smart city, melalui proses penulusuran atau asesment yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo RI. Sebab, Kabupaten Situbondo telah mempunyai jaringan pelayanan publik berbasis IT yang terintegritas dengan sektor atau lembaga vertikal dan dinas-dinas lainnya. 

“Semoga dengan bintek ini, Kabupaten Situbondo bisa menuju kabupaten pintar,” kata Dadang Aries Bintoro.

Sementara itu, Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan pada Kementerian Kominfo RI Hafni Septiana Nur Endah dihadapan sejumlah wartawan mengatakan, Kementerian Kominfo sejak 2017 telah mencanangkan Gerakan Menuju 100 Smart City, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, dan pada tahun 2019 telah terpilih 100 kabupaten/kota yang mengikuti bimbingan teknik implementasi Gerakan Menuju 100 Smart City.

“Dari 100 daerah yang terpilih dalam gerakan menuju kota pintar ini bisa menjadi contoh bagi seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Hal ini akan memberikan kemudahan dalam pelayanan publik. Dalam hal ini juga, kenyamanan mendapatkan layanan dan mendapatkan informasi di semua bidang, baik kesehatan, pendidikan dan bidang-bidang lainnya akan terasa lebih mudah serta transfaran," jelas Hafni Septiana Nur Endah.

Dilain pihak, Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH menyatakan pendampingan atau bimbingan teknis implementasi Gerakan Menuju 100 Smart City yang diberikan Kementerian Kominfo RI merupakan salah satu kebangkitan bagi Pemerintah Kabupaten Situbondo untuk menjadi kabupaten yang lebih maju lagi. 

“Dengan bintek ini, saya berharap bisa mempercepat Situbondo menjadi kabupaten pintar,” harap Bupati Dadang.

Lebih lanjut, Bupati Dadang mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo dalam membangun smart city sudah melalui proses yang cukup panjang. 

“Ada beberapa hal positif yang telah dilakukan dalam membangun smart city di Kabupaten Situbondo, di antaranya memberlakukan sistem pemerintahan secara elektronik seperti, layanan KTP-e yang sudah dipilah antara status miskin dan mampu," jelas bupati.

Selanjutnya, pada bidang pendidikan, sambung Bupati Dadang, Pemkab Situbondo sudah bisa mengerjakan kebutuhan data pokok pendidikan lewat aplikasi, termasuk data anak didik yang lulus dan yang tidak lulus. 

“Harapan saya Bimbingan teknis implementasi Gerakan Menuju 100 Smart City tahun 2019 oleh Kementerin Kominfo maanfaatnya bisa dirasakan kemudahan-kemudahan layanan yang diberikan Pemkab Situbondo kepada publik,” pungkas Bupati Dadang. 

Pewarta : Heru Hartanto
Editor : Heryanto
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Situbondo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]situbondotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]situbondotimes.com | marketing[at]situbondotimes.com
Top