Kepala Inspektorat Panggil 9 Kades yang Dana Desanya Bermasalah

Beberapa kepala desa sedang menunggu giliran diperiksa  Inspektorat Kabupaten Situbondo.(Foto Sony Haryono / Situbondo TIMES)
Beberapa kepala desa sedang menunggu giliran diperiksa Inspektorat Kabupaten Situbondo.(Foto Sony Haryono / Situbondo TIMES)

SITUBONDOTIMES – Kepala Inspektorat Kabupaten Situbondo Drs H Bambang Priyanto membeberkan masalah dana desa terkait temuan audit BPK RI terhadap 9 desa. Dari 9 desa yang tidak tertib dalam menggunakan anggaran dana desa tersebut, 7 di antaranya sudah mengembalikan dana desa.

Sedangkan, 2 desa masih dalam proses. Bahkan, satu desa, yaitu Desa Kalianget, Kecamatan Banyugelugur, berkasnya sudah masuk Kejaksaan Negeri Situbondo.

Bambang mengatakan, pihaknya mengundang 9 kepala desa (kades) beserta camat dengan tujuan untuk dimintai penjelasan dan pertanggungjawaban dalam menggunakan anggaran dana desa (DD). "Mereka kami panggil ke kantor Inspektorat untuk dimintai penjelasan dan pertanggungjawaban dalam menggunakan anggaran dana desa tersebut,” ucap Bambang.

Dia juga menjelaskan, permasalahan dana desa di Desa Kaliange sedang diproses hukum. Berkasnya sudah masuk ke Kejaksaan Negeri Situbondo. “Tujuh desa sudah mengembalikan kerugian negara. Satu desa lainnya sedang kami mintai pertanggungjawaban,” pungkas Bambang.

Pewarta : Sony Haryono
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Situbondo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]situbondotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]situbondotimes.com | marketing[at]situbondotimes.com
Top