Peringatan HKN Ke-54 Dimeriahkan Senan Tetet

Tampak wabup Situbondo ikut Senam Tetet bersama keluarga besar Dinas Kesehatan Situbondo. (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)
Tampak wabup Situbondo ikut Senam Tetet bersama keluarga besar Dinas Kesehatan Situbondo. (Foto Heru Hartanto / Situbondo TIMES)

SITUBONDOTIMES – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 tahun 2018 yang diselenggarakan Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kabupaten Situbondo dimeriahkan dengan Senam Tetet, Senin (12/11/2018).

Senam Tetet dalam rangka memperingati HKN tersebut diikuti Bupati Situbondo H Dadang Wigiarto SH beserta ibu Hj Ummi Kulsum SH, Wakil Bupati Situbondo Ir H Yoyok Mulyadi MSi beserta ph ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Situbondo, Ir H Moh. Nasim Khan (anggota DPR RI), ketua DPRD Kabupaten Situbondo, kajari, kapolres, dandim, ketua Pengadilan Negeri Situbondo, para Kepala OPD seluruh Kabupaten Situbondo, pimpinan RS Sumberglagah Mojokerto, PT Momi Paiton Energy, para pimpinan organisasi profesi kesehatan seperti  IDI, PDGI, IAI, IBI, Persakmi, para camat se-Kabupaten Situbondo, kepala rutan dan para tamu undangan yang lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo sekaligus ketua panitia  Drs H Abu Bakar Abdi dalam laporannya menjelaskan, acara puncak HKN Ke-54 yang berlangsung di Allun-Alun Kabupaten Situbondo dilaksanakan sebagai evaluasi kinerja Dinas Kesehatan di Kabupaten Situbondo.

"Di era zaman keterbukaan sekarang, tuntutan terhadap insan kesehatan, semakin beragam. Harus perfect, harus terbuka, melayani sepenuh hati, harus bisa mengakomodasi para stake holder, harus bekerja maksimal untuk masyarakat
Harus tahan banting menghadapi masalah masalah baik dari atas, depan, belakang, samping kanan samping kiri," kata Abu Bakar Abdi.

Tugas yang diberikan oleh  sekda, wakil bupati, bupati, gubernur sampai presiden, kata Abu Bakar, harus bisa dieksekusi dengan sempurna sesuai dengan RPJMD dan RPJMN. "Dari depan, pelanggan atau pasien kita yang ingin pelayanan maksimal, terbuka, cepat dan akurat. Dari belakang yang ikut menyoroti kinerja kesehatan para pegiat sosial, LSM, anggota dewan, wartawan, keluarga pasien dan instansi atau lembaga lainnya. Sedangkan dari samping kanan samping kiri totalitas dan loyalitas kita juga dikritik teman sejawat dan tugas tugas yang diberikan oleh OPD lain. Belum lagi intaian KPK, BPK dan APH yang lain dalam menyoroti kinerja kesehatan. Agar kinerja kesehatan berlangsung dengan baik, maka kami harus ada jalan keluar untuk mengatasi ini semua dengan cara kebersamaan," jelas kadis kesehatan.

Tak hanya itu saja yang disampaikan kadinkes Kabupaten Situbondo. Dia juga mengatakan, di sisi lain Kemenkes RI memberikan tuntunan yang jelas dalam menghadapi ini, sesuai tema HKN Ke-54 tahun ini: "Ayo hidup sehat, dimulai dari kita" mulai dari SPM standar pelayanan maksimal, PIS PK, germas. Dimana tiga kegiatan kunci dalam kegiatan germas yaitu. Aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, makanan sayur dan buah dan kontrol kesehatan secara berkala.

Menurut Abu Bakar,  bukan hanya tuntunan HKN Ke-54 tahun ini. Tapi harus ada perwujudan Kebersamaan yang harus di implementasikan dalam bentuk nyata khususnya Aktifitas fisik yaitu senam. Sedangkan, untuk mengakomodasi tuntunan dari Kemenkes RI dan program pemerintah Kabupaten Situbondo yaitu menyambut kunjungan wisata tahun 2019, maka Dinas Kesehatan Situbondo mempersembahkan Senam Tetet. "Suatu persembahan dari kita untuk Situbondo, untuk nasional bahkan untuk dunia. Poco poco bisa viral, kenapa senam tetet Situbondo juga harus bisa viral," jelas Abu Bakar Abdi.

Acara apel hari puncak HKN Ke-54 tahun ini, sambung Abu Bakar Abdi, juga mempertontonkan acara kebersamaan dalam bentuk senam. Selain persembahkan senam tetet Situbondo juga di tampilkan senam kreasi dinkes yang lain yaitu senam otak, senam turun naik dan senam kaule cinta Situbondo. " Kita juga sudah melaksanakan tontonan yang lain dalam rangka kebersamaan yaitu lomba futsal, lomba bolatik, lomba poster, lomba video Senam Tetet dan lomba toga. 
Diharapkan tontonan  yang disuguhkan pada HKN ini bisa memperatkan kebersamaan di antara kita," pungkas Abu Bakar Abdi. (*)

 

Pewarta : Heru Hartanto
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Situbondo TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]situbondotimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]situbondotimes.com | marketing[at]situbondotimes.com
Top